Smartphone Dengan Windows XP

Sebuah perusahaan di China yang bernama In Technology mengeluarkan Smartphone yang dipersenjatai dengan Windows Xp. Perangkat ini bisa dikatakan gabungan antara ponsel dan komputer saku. Prosesornya buatan AMD yang telah dikustomisasi dengan sebutan AMD Super Mobile. Benarkah?

Berikut ini lengkapnya diambil dari Kompas Tekno.



TAIPEI, KOMPAS.com - Baru beberapa hari lalu, kita dikejutkan hadirnya netbook dengan Android, sistem operasi yang sebelumnya didesain untuk smartphone. Kali ini sebuah perusahaan China malah membuat terobosan sebaliknya, smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows XP.

Smartphone pertama dengan Windows XP yang diberi nama xpPhone itu dipamerkan dalam pameran akbar Computex di Taipei, Taiwan, Jumat (5/6). xpPhone dibuat oleh In Technology, perusahaan di Kota Guangzhou, China bagian selatan.

"Produk tersebut akan dipasarkan di China sekitar tiga bulan lagi dan baru kemudian ke seluruh dunia," kata Brad Wu, wakil presiden In Technology.

Seperti smartphone umumnya, pada keadaan diam, sistem operasinya berada pada mode stand by. Namun, begitu ada panggilan atau SMS masuk langsung aktif kembali. Baterainya dapat bertahan hingga 7 jam waktu aktif. Namun, dengan pilihan baterai lebih besar dapat diperpanjang sampai 12 jam.

Perangkat ini bisa dikatakan gabungan antara ponsel dan komputer saku. Prosesornya buatan AMD yang telah dikustomisasi dengan sebutan AMD Super Mobile. Namun, pihak In Technology bungkam soal spesifikasinya. Sementara penyimpan memori menggunakan hardisk 120 gigabyte.

Bagian badannya dapat digeser pada posisi landscape untuk mengeluarkan keyboard QWERTY yang tersembunyi. Layarnya menggunakan LCD touchscreen selebar 4,8 inci dengan resolusi 800x480 pixel. Beratnya 400 gram dan tebal 2,5 centimeter.

xpPhone sudah dilengkapi koneksi WiFi, GPS, dan pilihan untuk WiMax. Di akhir tahun, In Technology juga akan menyediakan versi yang mendukung TD-SCDMA, teknologi 3G yang dikembangkan dan dipakai sendiri di China.(PCWorld)

Beneran tidak ya, apalagi hardisknya sampai 120 gigabyte. Kalau dulu memang benar ada seorang hacker yang bisa menjalankan Windows 98 di smartphone. Untuk kepastiannya kita nantikan saja ponsel ini tiga bulan lagi. Tapi ngomong2 Xpnya bajakan apa asli ya .